Pengabdian Masyarakat Prodi S2 Informatika 2019

Pada hari Ahad, 24 September 2019 telah dilaksanakan Seminar Santripeneur dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Santripeneur dengan Pelatihan E – Commerce Menggunakan OpenCart” yang bertempat di Pondok Pesantren Nurul Ummah 3 Bantul. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh salah satu kelompok PKM (Pengabdian Kepada Masyarakat) Prodi Magister Informatika yang beranggotakan Wakhid Kurniawan, Farha Ramadhan, Johan Setiawan dengan Maria Ulfah Siregar, S.Kom. MIT., Ph.D. sebagai dosen pembimbing.

Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakandalam rangka memenuhi salah satu poin di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat. Sebagai mahasiswa Informatika, bentuk pengabdiannya adalah berupa pelatihan e – commerce dengan target peserta adalah santri. Teknologi yang digunakan dalam pelatihan e-commerce tersebut adalah OpenCart yaitu sebuah Content Management System (CMS) yang khusus digunakan untuk membuat website e-commerce. OpenCart dipilih karena bersifat Open Source, selain tidak berbayar juga bebas untuk dikembangkan.

Dengan pelatihan tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi kepada santri untuk menjadi seorang entrepeneur atau dapat disebut dengan istilah santripeneur. Di era sekarang, dimana teknologi informasi berkembang sangat cepat dan dinamis menuntut kita untuk bisa menyesuaikan lebih - lebih mampu memanfaatkan teknologi tersebut untuk kegiatan yang bermanfaat.

Berita Terkait