Sejarah

    Era industri 4.0 telah menimbulkan disrupsi yang luar biasa di banyak sektor kehidupan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang sangat pesat membuat dunia industri global mengalami revolusi. Apabila tidak ingin tergerus oleh arus ini, bangsa Indonesia perlu melakukan antisipasi terhadap segala kemungkinan yang terjadi. UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sebagai Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia yang mengembangkan konsep integrasi dan interkoneksi keilmuan, mencoba untuk mengambil peran dalam era industri 4.0 ini. Bermula sebagai sebuah sekolah  tinggi keagamaan di tahun 1951, sejak tahun 2004 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta telah bertransformasi menjadi universitas yang menyelenggarakan program pendidikan dari berbagai disiplin ilmu, diantaranya: ilmu keagamaan, ilmu sosial, ilmu humaniora, ilmu pendidikan, ilmu alam dan matematika, serta ilmu kerekayasaan (teknik). Saat ini UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan 41 Program Studi Sarjana, 12 Program Studi Magister dengan 18 Konsentrasi kelilmuan, dan 2 Program Doktor dengan 12 konsentrasi kelilmuan.

 

    Meskipun penyelenggaraan program pendidikan ilmu alam, matematika, dan teknik di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta baru berjalan selama 13 tahun, hasil yang telah dicapai menunjukkan perkembangan yang signifikan. Sebagai contoh, program studi sarjana informatika yang saat ini telah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Alumni program studi sarjana informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta juga telah berkarya di berbagai bidang, diantaranya bahkan ada yang berkiprah sebagai dosen (associate proffesor) di salah satu perguruan tinggi terkemuka di Korea Selatan.

 

    Perkembangan positif tersebut ditindaklanjuti oleh UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dengan membuka Program Magister Informatika yang mulai menerima pendaftaran mahasiswa baru di tahun 2018. Melalui penerapan sistem pendidikan yang berbasis keluaran (outcome and output based education) sesuai dengan perkembangan model pendidikan tinggi terkini, program magister informatika mencoba berperan untuk menyiapkan alumni yang mampu berkontribusi di era industri 4.0 ini, Ciri khas dari program magister informatika UIN Sunan kalijaga Yogyakarta adalah menyelenggarakan kajian yang berfokus pada perekayasaan sistem yang bersifat sosio-religio-teknis untuk memenuhi pesatnya kebutuhan atas perkembangan dunia industri, khususnya industri syariah dan industri halal di era disrupsi ini.

 

    Dalam penyelenggaraannya, program magister informatika UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta didukung oleh staf pengajar yang terdiri dari para guru besar serta dosen-dosen profesional yang telah bersertifikat kompetensi dan merupakan lulusan dari beberapa perguruan tinggi terkemuka baik dalam maupun luar negeri