Evaluasi Pembelajaran berbasis OBE Prodi S1 dan S2 Informatika 2020

Sistem Pembelajaran Berorientasi Luaran (Outcome-Based Education, OBE) adalah metode pembelajaran yang memberi tumpuan kepada apa yang mahasiswa seharusnya lakukan. Pada OBE, luaran atau Capaian Pembelajaran diidentifikasi terlebih dahulu kemudian perencanaan metode pembelajaran dan asesmen disesuaikan dengan luaran . Hal ini berbeda dengan metode pembelajaran tradisional dimana topik yang diajarkan ditentukan dosen pengampu kemudian dari topik ini luaran akan diidentifikasi

OBE mengintegrasikan sejumlah proses antara lain desain kurikulum, asesmen dan metode belajar mengajar yang memberi tumpuan kepada apa yang mahasiswa bisa lakukan. OBE menekankan agar Capaian Pembelajaran (CP) dapat dipenuhi dari aspek pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai keadaan sosial, ekonomi dan budaya akademik. Kemampuan mahasiswa dan CP diakomodasi OBE melalui beberapa langkah strategis dan kelengkapan akademik antara lain: tugas kuliah, tugas akhir, presentasi, tes dan portfolio mahasiswa.

Pembelajaran yang diterapkan di sebagian besar perguruan tinggi di Indonesia umumnya menggunakan metode Teacher-centered (berorientasi input). Metode pembelajaran ini memberi tekanan terhadap proses belajar mengajar. Jika pendidik (dosen) telah menyampaikan mata kuliah dengan baik maka hal itu dianggap sudah cukup. Luaran tergantung dari hasil proses belajar mengajar tersebut. Model pembelajaran seperti ini relatif bergantung kepada tenaga pengajar. Prestasi mahasiswa diukur setelah proses belajar mengajar selesai. Bagus tidak hasil yang dicapai mahasiswa bergantung dari proses belajar mengajar yang dilakukan. Salah satu kelemahan metode ini adalah capaian pembelajaran yang telah ditentukan di mata kuliah tidak bisa sepenuhnya dicapai.

Metode pembelajaran berorientasi luaran saat ini belum banyak diimplementasikan di Indonesia dan sudah diterapkan di beberapa negara. Penerapan OBE juga didukung oleh sarana teknologi informasi.

Berdasarkan hal diatas, Program Studi Teknik Informatika akan menyiapkan perubahan kurikulum mengikuti perkembangan kurikulum pendidikan yang terbaru,

Narasumber

  • Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc., Ph.D. Auditor ISO di UGM

Peserta yang menghadiri kegiatan ini adalah dosen prodi Teknik Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

No

Nama

1

Dr. Shofwatul 'Uyun, S.T., M.Kom.

2

Maria Ulfah Siregar, S.Kom. MIT., Ph.D.

3

Nurochman, S.Kom., M.Kom

4

Sumarsono, S.T., M.Kom.

5

Agung Fatwanto, S.Si., M.Kom., Ph.D

6

Agus Mulyanto, S.Si., M.Kom.

7

Aulia Faqih Rifa'i, M.Kom.

8

Dr. Bambang Sugiantoro, S.Si., M.T.

9

M. Taufiq Nuruzzaman, ST., M.Eng., Ph.D

10

Rahmat Hidayat, M.Sc

11

Muhammad Didik Rohmad Wahyudi, S.T., MT.

12

Eko Hadi Gunawan, M.Eng

13

Mandahadi Kusuma, M.Eng

14

Muhammad Galih Wonoseto, M.T.

15

Usfita Kiftiyani, M.Sc

16

Nia Maharani Raharja, M.Eng.

17

Dwi Otik Kurniawati, M.Eng.

18

Eulis Yulianti Faridah, M.Ds.

19

Hindun Khairotun Nadlifah, M.URP.

20

Kartiansmara Lilih Purnaumbara, M.Sc

Waktu dan Tempat Pelaksanaan:

Hari/Tanggal : Sabtu / 10 Oktober 2020

Tempat : Zoom Meeting

MANUAL ACARA ( RUNDOWN ACARA)

Waktu

Acara

Pelaksana/ Narasumber

14.50 – 13.00

Pembukaan dan sambutan

Kaprodi Informatika

13.00 – 16.00

Materi : Pembahasan OBE

Narasumber

16.00 – 17.00

Materi : FGD penyusunan Asesment OBE

Peserta

Untuk rekaman acara nya dapat disaksikan ulang melalui video berikut ini:

video daring

Narasumber

Leni Sophia Heliani, S.T., M.Sc., Ph.D. Auditor ISO di UGM

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler