Kampanye Literasi Keamanan Siber BSSN Sukses digelar di UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Kegiatan seminar dan edukasi kepada masyarakat tentang kesadaran keamanan data pribadi terus dilakukan BSSN untuk membentuk budaya positif seiring dengan kemajuan masyarakat yang semakin akrab dengan teknologi informasi. Magister Informatika mengirimkan mahasiswa S2 untuk ikut berpartisipasi sebagai peserta. Rangkaian kegiatan “Kampanye Literasi dan Keamanan Siber (KLiKS)”, kini tiba di Yogyakarta. Dengan mengangkat tagline “Berpikir Sebelum Klik, Langkah Aman Pada Ruang Siber”, acara yang digelar di Convention Hall UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta pada hari Sabtu 8 September 2018 ini berhasil menarik ratusan peserta dari berbagai kalangan.

Lebih dari 500 peserta hadir dalam seminar ini, mulai dari siswa sekolah menengah, hingga masyarakat umum dari berbagai latar belakang profesi. Dengan membawa misi menggugah dan meningkatkan kepedulian masyarakat terkait hal-hal penting yang berhubungan dengan keamanan siber, serta tersampaikannya aspek-aspek dasar keamanan siber, BSSN berharap pengetahuan praktis yang diberikan dalam seminar ini dapat langsung diimplementasikan oleh para peserta. Selain itu, seluruh peserta seminar ini juga diharapkan dapat menjadi agen-agen perubahan bagi lingkungannya masing-masing untuk mengedukasi dan mengkampanyekan kesadaran keamanan informasi.

Antusiasme para peserta terlihat sangat besar, terutama ketika para pembicara menjelaskan mengenai bahaya terungkapnya data pribadi di dunia maya. Isu-isu yang biasa ditemui sehari-hari seperti pesan berantai yang berisi hoaks, terlalu banyaknya informasi yang diberikan di sosial media, hingga pembuatan password yang asal-asalan juga menjadi daya tarik yang sangat diperhatikan oleh para peserta.