Kerjasama Magister Informatika dan HMPS Matematika Menyelenggarakan Seminar Nasional Program Studi Matematika, dengan Tema: Kriptografi Kunci Publik dan Keamanan Jaringan Internet

Himpunan Mahasiswa Program Studi Matematika bekerjasama denganMagister Informatika Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga yogyakarta. Magister Informatika mengirimkan pembicara dari magister Informatika bidang cybersecurity . Seminar Nasional Program Studi Matematika, dengan Tema: Kriptografi Kunci Publik dan Keamanan Jaringan Internet yang diharapkan dapat mejadi pegetahuan mendasar mengenai keamanan di dunia maya yang dalam hal ini adalah internet. Adapun narasumber Pertama dari Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Telematika Dinas Kominfo serta Persandian Yogyakarta, Kedua Ketua Prodi Magister Informatika dan yang ketiga Dosen Matematika.

Perkembangan teknologi dan pesatnya arus globalisasi seakan-akan mengharuskan masyarakat beradaptasi tanpa mempertanyakan fungsi dan tujuan dari hal-hal baru yang bermunculan tiap harinya bahkan bisa dikatakan bahwa perkembangan tersebut terus terjadi selama degup jatung manusia masih ada. Perkembangan teknologi yang tidak sejalan dengan paradigma di masyarakat ini mengharuskan para intelektual organik yang setidaknya menjadi barisan terdepan untuk lebih kritis dan mengerti secara mendalam mengenai apa yang ada dan akan ada.

Dunia maya atau yang sangat lazim jika disebut dengan internet menyimpan ratusan hingga jutaan pengetahahuan dan rahasia-rahasia yang tidak serta merta dapat disaring dan diakses oleh standar pengetahuan dan common sense masyarakat awam. Jaminan keamanan privasi merupakan salah satu yang kerap dikesampingkan para pengguna atau user di media maya (internet). Oleh karena itu sangat penting untuk setidaknya memperkenalkan kemanan dan fungsi dari lapisan dinding pengaman maya yang selama ini melindungi dan menjamin keamanan pengguna internet yang terus dikem-bangkan seiring waktu.

Kriptografi kunci publik yang selama ini berada dibalik usaha pengamanan segala macam privasi pengguna internet dirasa perlu diperkenalkan ke muka umum agar dapat mengetahui sejauh mana rasa aman yang mereka rasakan saat mengakses internet dan mengetahui serapuh apakah dinding yang selama ini melindungi mereka tersebut.

Liputan Terkait

Liputan Terpopuler